Karet Fender Dermaga V

   Rubber Fender type V Karet Fender V - Rubber Fender V Produsen Rubber Fender V

Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,
Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,

Fender V adalah jenis peralatan kelautan yang digunakan untuk mencegah perahu, kapal laut, dan kapal angkatan laut lainnya bertabrakan satu sama lain atau dengan dermaga. Mereka dirancang untuk menyerap energi kinetik kapal yang berlabuh dan melindungi kapal dan dermaga dari kerusakan.

Fender V telah berkembang terus menerus sepanjang waktu dan kini dirancang sedemikian rupa sehingga proses pencegahannya hampir sempurna dan sangat mudah dilakukan. Mereka digunakan sedemikian rupa sehingga ditempatkan di lambung atau kepala perahu atau kapal untuk mencegah korban jiwa pada lambung atau kepala kapal angkatan laut jika terjadi tabrakan antar perahu.

Peran Rubber Fender

Rubber fender merupakan peredam tumbukan yang dipasang di dermaga untuk menyerap energi sandar kapal. Kayu dan ban bekas digunakan sebagai peredam tumbukan sejak fender karet pertama dikembangkan pada tahun 1950an. Konsep peran rubber fender dalam proses berlabuh diilustrasikan pada Gambar 3.2.1.

Gambar 3.2.1

Eb :Effective berthing energy (kNm)
M  : Mass of vessel (=Displacement tonnage: DT, t)
VB : Berthing velocity (m/s)
Ce : Eccentricity factor
Cm : Virtual mass factor
Cc : Berth configuration factor
Cs : Softness factor


Seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.1, energi berlabuh efektif Eb adalah hasil perkalian energi kinetik normal kapal: 1/2・M・VB2 dan koefisien (Ce, Cm, Cc, dan Cs), sebagaimana didefinisikan dalam persamaan (5.3.1) pada Bab 5. Selanjutnya, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.2, luas antara kurva gaya reaksi dan jumlah defleksi pada sumbu x sesuai dengan jumlah energi yang diserap. Jadi, untuk fender, energi yang diserap EA harus sama dengan atau lebih besar dari energi berlabuh efektif Eb kapal.

Gambar 3.2.2


Gaya reaksi R pada Fender bertindak sebagai gaya horizontal pada dermaga atau pada lambung samping kapal yang berlabuh; oleh karena itu, gaya reaksi yang diinginkan adalah sekecil mungkin. Sebaliknya, penyerapan energi yang lebih besar diinginkan. 

Oleh karena itu, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.2.2, kurva gaya reaksi Rubber Fender menunjukkan konstanta pegas yang tinggi pada tahap awal kompresi dan bagian yang konstan kemudian pada defleksi yang lebih tinggi. Karakteristik tersebut merupakan akibat dari deformasi tekuk pada Rubber Fender. Tahap awal kompresi berhubungan dengan konstanta pegas yang tinggi; Namun, ketika puncak gaya reaksi terlampaui, konstanta pegas berkurang akibat tekuk, dan seiring dengan berlangsungnya kompresi, nilai konstanta pegas meningkat lagi, melebihi nilai puncak sebelumnya. Dengan asumsi bahwa titik di mana gaya reaksi melebihi puncaknya lagi adalah defleksi maksimum, dan gaya reaksi RR pada titik puncak adalah gaya reaksi maksimum; jika kompresi berada dalam defleksi maksimum, gaya reaksi adalah gaya horizontal maksimum terhadap dermaga dan lambung kapal. Mekanisme ini sesuai dengan performa tipe tekuk, dan saat ini menjadi konsep utama untuk desain Rubber Fender. Dalam Pedoman PIANC 1), koefisien yang diperoleh dengan membagi penyerapan energi EA dengan gaya reaksi maksimum RR dikenal sebagai faktor fender. Dalam hal desain fender, memaksimalkan faktor fender dianggap penting untuk memastikan kinerja yang efisien. Untuk jenis fender karet yang sama, jika terjadi fluktuasi kinerja karena kondisi desain, gaya reaksi maksimum dan defleksi maksimum dalam kondisi desain masing-masing dianggap sebagai gaya reaksi desain dan defleksi desain.

Dengan bertambahnya ukuran kapal, kebutuhan akan Rubber Fender pun semakin beragam; selain itu, perlu untuk meningkatkan area kontak dengan lambung kapal untuk mengurangi tekanan kontak, dengan mempertimbangkan kekuatan lambung. Untuk tujuan ini, konfigurasi di mana panel fender dipasang pada bagian depan fender karet banyak digunakan. Secara khusus, panel fender dipasang pada sebagian besar fender karet untuk kapal besar. Fender karet tanpa panel fender terutama digunakan untuk kapal berukuran sedang atau kecil yang tekanan lambungnya bukan merupakan masalah desain. Dengan demikian, fender karet yang memenuhi persyaratan yang diberikan dapat dipilih. Performa fender juga dapat diatur dengan mengganti material karetnya, yaitu dengan menggunakan material dengan performance grade atau grade karet yang berbeda.

Fender juga memainkan peran penting dalam tambatan. Situasi di mana kapal ditambatkan di dermaga ditunjukkan pada Gambar 3.2.3. Dalam hal ini fender bekerja pada saat kapal mendekati dermaga, sedangkan tegangan tali tambat merupakan gaya yang bekerja pada saat kapal bergerak lebih jauh.

Gambar 3.2.3

Rubber Fender tanpa panel 

Pada bagian ini, fender karet tipe V dianggap sebagai fender karet tanpa panel fender. Fender karet tipe V memiliki penampang berbentuk V dengan pelat baja tertanam di bagian flensa pemasangan untuk pemasangan. Fender memiliki bentuk penampang yang sama pada arah memanjang. Karena karet bersentuhan langsung dengan lambung kapal, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan sebagian. Penyerapan energi hanya terjadi karena panjang kontak, dan tekanan kontak yang tinggi. Meskipun ini merupakan kelemahan utama, fender karet tipe V memiliki kelebihan sebagai berikut.

(1) Rentang pengaplikasiannya luas karena panjangnya dapat disesuaikan.
(2) Karena fender tersebut menunjukkan kinerja tipe tekuk, penyerapan energinya besar          bahkan untuk fender berukuran kecil.

Fender karet tipe V banyak digunakan sebagai fender karet pertama dengan performa tipe tekuk. Bentuk penampang khas dan pemasangan fender karet berbentuk V ditunjukkan pada Gambar 3.4.1.

Gambar 3.4.1

Fender karet jenis ini memiliki sejarah perkembangan yang panjang; pertama, Fender tipe terintegrasi flensa dikembangkan, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3.4.2. Sejak itu, berbagai bentuk telah dikembangkan, yang dimasukkan ke dalam Rubber Fender Tipe V.


Fender  V dapat diaplikasikan secara luas sesuai dengan kondisi pelabuhan dan kapal dengan mengubah panjang dan pengaturan pemasangan. Pengaturan dan fitur pemasangan yang umum disajikan pada Tabel 3.4.1. Misalnya, jika kapal mempunyai sabuk pada lambung kapal, energi berlabuh yang efektif dapat diserap oleh Fender horizontal, meskipun sabuk lambung dapat menempel pada fender dan merusaknya. Selanjutnya, dalam kasus pemasangan vertikal, jika terdapat sabuk lambung horizontal, beban terkonsentrasi karena kontak hanya terjadi pada persimpangan. Dalam kasus seperti ini, instalasi vertikal dan horizontal alternatif dapat digunakan; energi berlabuh yang efektif diserap oleh fender horizontal, sedangkan fender vertikal mencegah sabuk terangkat. Sebagai alternatif, Rubber Fender dengan panel dapat diterapkan.

Desain V-Shaped: Fender ini memiliki desain berbentuk V yang membantu dalam menyerap energi dari benturan, memberikan perlindungan optimal terhadap struktur dan kapal.

Selain itu, seperti ditunjukkan pada Gambar 3.4.5, Rubber Fender  berbentuk sedemikian rupa sehingga Fender berbentuk V dapat diputar juga tersedia. Panjang fender tersebut tidak dapat diubah; namun, fender tersebut tidak terarah terhadap deformasi sudut dan geser.

Gambar 3.4.5

Tabel 3.4.1 Susunan dan fitur Fender  V


Performa fender karet

Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,
Karet Fender Type V,harga rubber fender tipe v,mpmperkasa,marine rubber fender,Karet Fender Type,Karet Fender,Rubber Fender Type V,Karet Fender Tipe V,

Dalam proses desain, kinerja Rubber Fender dipertimbangkan berdasarkan karakteristik gaya defleksi-reaksi pada kompresi dan penyerapan energi yang dihitung dari karakteristik tersebut. Karet mempunyai sifat visko-elastis, dan kinerjanya dipengaruhi oleh lingkungan alam dan kondisi penggunaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja disebut faktor pengaruh, dan faktor-faktor tersebut harus dipertimbangkan ketika merancang fender karet. Dalam Pedoman PIANC, faktor-faktor seperti suhu dan pengaruh kecepatan berlabuh didefinisikan secara spesifik. Kinerja pada saat perlambatan dari kecepatan berlabuh disebut kinerja terukur karena serupa dengan kinerja pada saat berlabuh sebenarnya. Selain itu, faktor pengaruh lain yang diperkenalkan dalam Standar Teknis dan Komentar Pelabuhan dan Fasilitas Pelabuhan di Jepang yang meliputi sudut, kelelahan pengulangan, penuaan, dan mulur, juga dipertimbangkan.

Pada umumnya konstruksi dermaga terdiri dari beberapa bagian bangunan yaitu dolphin, fender, jembatan (bridge) dan landing deck. Tubrukan kapal memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap kekuatan struktur kapal yang erat hubungannya dengan keamanan kapal. Menurut data statistik yang ada pada Lloyd Register (1995), hampir setengah data tenggelamnya kapal dikarekan tubrukan dan kandasnya kapal. Kapal yang akan merapat ke dermaga masih mempunyai kecepatan, pada waktu merapat kapal akan mengalami benturan pada dermaga walaupun kecepatan kapal kecil tapi karena massanya besar maka energi yang terjadi akibat benturan sangat besar. Untuk menghindari kerusakan pada kapal dan dermaga karena benturan, maka didepan dermaga diberi bantalan yang berfungsi sebagai penyerap energi benturan. Bantalan yang ditempatkan didepan dermaga disebut dengan fender

Fender berfungsi sebagai bantalan yang ditempatkan didepan dermaga. Fender akan menyerap benturan antara kapal dan dermaga dan meneruskan gaya ke struktur dermaga. Fender juga dapat melindungi rusaknya cat badan kapal karena gesekan antara kapal dan dermaga yang disebabkan oleh gerak karena gelombang, arus dan angin. Fender juga harus dipasang disepanjang dermaga dan letaknya harus sedemikian rupa sehingga dapat mengenai kapal.

Harga Rubber Fender V di Indonesia

Untuk mendapatkan harga yang terbaik, pastikan untuk membandingkan harga dari beberapa supplier terpercaya sebelum membeli. Selalu periksa ulasan dan reputasi supplier sebelum melakukan transaksi, dan pastikan produk yang dibeli asli dan sesuai dengan standar kualitas yang diharapkan.


Tabel Ukuran Rubber Fender V Antara Lain Sebagai Berikut Ini :


Spesifikasi Fender V – Estimasi Berat Fender V 

Tabel Ukuran Karet Bantalan Dermaga Tipe V Antara Lain Sebagai Berikut Ini :

Rubber Fender Tipe V,karet bantalan v,rubber fender v,mpmperkasa,vendor karet fender v,karet fender v,supplier rubber fender v,

CV. Mahameru Putra Mandiri Perkasa Melayani pengiriman Rubber Fender Tipe V ke berbagai wilayah di Lampung seperti Kabupaten Lampung Timur, LAMTIM, Kabupaten Lampung Barat, LAMBAR, Kabupaten Lampung Utara, LAMUT, Kabupaten Pesawaran, PESAWARAN, Kabupaten Mesuji, MESUJI, Kabupaten Pesisir Barat, PESIBAR, Kabupaten Pringsewu, PRINGSEWU, Kabupaten Tanggamus, TANGGAMUS, Kabupaten Tulang Bawang, TUBA, Kabupaten Tulang Bawang Barat, TUBABA,Kabupaten Way Kanan, WAY KANAN

Kualitas Terjamin Harga Bersaing, Bergaransi, Open Factory Visit.

Kami Mahameru Putra Mandiri Perkasa (MPM Perkasa) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Selain dari Rubber Fender Pelabuhan V, Mahameru Putra Mandiri Perkasa juga tersedia rubber fenderrubber fender vrubber fender drubber fender mrubber fender cellrubber fender conerubber fender cylinderrubber fender squarebantalan jembatan / elastomeric bearing padrubber sheetkaret bumper, pelindung loading dockasphaltic plug binderdeck drain cast iron jembatanfrontal frame fenderbollard dermaga, bitt bollard dermagacurve bollard dermagatee bollard dermagaexpantion joint(karet dilatasi) hingga anchor bolt galvanis.

Kami  Mahameru Putra Mandiri Perkasa merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri karet konstruksi serta aksesoris pelabuhan. Kami memproduksi segala jenis produk karet yang beragam dengan kualitas material serta harga yang kompetitif.

Mahameru Putra Mandiri Perkasa selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen.

Account atas nama Rekening Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin setiap transaksi dengan konsumen.kami melayani pengiriman seluruh indonesia

Account Rekening atas nama Perusahaan (bukan atas nama pribadi). Sehingga menjamin keamanan setiap transaksi dengan konsumen. Informasi dan permintaan penawaran  terbaik hubungi kami :

website : www.bollardmahameru.com

Call & WA : 082245923265 - 087722285552

-Fajar Achmadi- 


Rubber Fender Tipe V,karet bantalan v,rubber fender v,mpmperkasa,vendor karet fender v,karet fender v,supplier rubber fender v,

Blog Post

Related Post

Cari Artikel