perbedaan karet alam dan sintetis

APA SIH KARET KARET ALAM ?  DAN APA SIH KARET SINTETIS ?

Tanaman karet atau yang memiliki nama ilmiah havea brasiliensis adalah tanaman yang berasal dari lembah amazon brazil. Di indonesia tanaman karet merupakan komoditi expor yang mampu memberikan kontribusi didalam peningkatan devisa indonesia.


 

Ketika membayangkan benda yang elastis ,maka kita akan terpikirkan tentang karet. Karet material bersifat unik yang dapat bersifat elastis dan viksos.

Karet dibedakan menjadi dua jenis yaitu karet alam dan karet sintetis, Apasih karet karet alam itu ? Secara kimiawi karet alam adalah senyawa hidrokarbon yang merupakan polimer alam hasil penggumpalan makromolekul poliisoprena (C5H8)n.Sedangkan karet sintetis adalah karet yang terbuat dari bahan baku yang berasal dari minyak batu bara,minyak gas alam dan acetylene.

Ciri-ciri karet alam memiliki daya elastis yang baik,mudah pengolahannya,tidak mudah aus (tidak mudah habis karena gesekan) serta tidak mudah panas ,sifatnya memiliki daya tahan yang tinggi terhadap keretakan,tanpa hentakan yang berulang-ulang,memiliki daya lengket yang tinggi terhadap berbagai bahan. salah satu produk dari karet alam murni adalah ban pesawat terbang.

Ciri- ciri karet sintetis memiliki daya tahan terhadap suhu atau panas,tahan minyak, tahan terhadap peggaruh udara dan kedap terhadap gas dan bensin.contoh hasil produk karet sintetis adalah pembungkus kabel,rubber fender, rubber bumper,elastomeric bearing pad dan lain sebagainya.

Beberapa jenis - jenis karet sintetis yaitu :

  • NBR (Nytrile Butadiene Rubber)
  • CR (Chlorophene Rubber)
  • IIR (Isobutane Isoprene Rubber)

Rubber fender 

Rubber fender merupakan salah satu contoh produk yang memakai bahan baku karet sintetis yang biasa berfungsi bantalan sisi pelabuhan atau dermaga,ada juga loading dock rubber bumper juga merupakan  salah satu produk yang umumnya dibuat dari karet sintetis yang mana bentuknya ada yang berbentuk kotak (square - solid/non solid ),bentuk D (solid/nonsolid),circle (lingkaran),serta silinder.Namun beberapa industri dan pabrik, bentuk Square atau D lebih sering di pakai.Pada suatu konstruksi pabrik, gudang-ware house maupun tempat industri sering kita jumpai karet model seperti ini pada sisi - sisi dindingnya,yang berfungsi sebagai pelindung daripada benturan kendaraan ketika proses bongkar muatan. sekian beberapa dari pengetahuan tentang karet alam dan karet sintetis semoga bermanfaat


 

Untuk pemesanan Rubber Fender, anda dapat menginformasikan tipe / jenis, ukuran, dan jumlah yang dibutuhkan kepada kami. Kami akan siap memberikan penawaran harga terbaik untuk anda.


 

Blog Post

Related Post

Cari Artikel